Senin, 13 April 2009

Sang Guru, Sang Pendidik

suppp all??

its been a longg longg time gw ga posting blog lage,,

u know,bnykna kegiatan dan bnykna tugas mmbwt gw ga bisa mikir untuk posting blog,,tpi skrg,mumpung gw lagi rada sante karena bsok cmn baksos n gw cuma jadi juru foto doank,,jadi gw sempetin utk post another chicken dah,,hahaha

hari ini gw mendapatkan suatu hal yg sgt menarik, khususna tadi pagi wktu upacara,,

ya,itu lah yg akan gw critakan pada blog gw yg kali ini,,hehe

pagi hari di SMA Regina Pacis Jakarta,,sedang di laksanakan upacara bendera hari senin,,

pagi itu terasa berbeda,jakarta yg terkenal dgn panasnya,meredup pada pagi hari itu,,cuaca sgt mendukung untuk jalannya upacara,,pada upacara itu,gw menjelma mjd paskib (ada ayam bisa jadi paskib) bersama dgn 2 kakak kelas gw,.dan gw mendengar pada upacara itu,,yg mjd sang pembina upacara adalah,,

Bpk.Suroto, guru bahasa indonesia kelas XI dan XII,yg terkenal dgn kedisplinannya dan kegalakannya..

Keringat dingin!!! karisma yg di pancarkan beliau it sungguh terasa,adanya tekanan / ktegangan di diri gw,membuat gw 1x membuat kesalahan fatal!! huhuhu,,tpi tidak apa,gw pun masih baru *mencari alibi,,wkwkw*

anyway,,ada apa gerangan? pak suroto mjd pemimpin upacara?? kq tumben? biasa upacara saja ga ikud gitu,,pasti ada yg ga beres*mana pake peci lagi,,ckckc*

tapi,,seluruh keheranan gw terjawabb pada saad beliau mulai berpidato,.itu merupakan pidato upacara yg untuk pertama kalinya bisa menyentuh hati gw,,beliau sungguh luar biasa,,jaraaaanggg bgt ada guru skaligus pendidik seperti beliau,,beliau merupakan sosok pria yg berkarisma tinggi,tegas,disiplin,berbahasa tinggi,bertanggung jawab,,pokoke macho dahh,,wkwkwk

31 tahun mengabdi untuk SMA Regina Pacis,taw betulll pasang surut SMA ini,,dan slh satu kalimat dgn bahasa yg ditata dgn sgt baik yaitu : "begitu lamanya saya mengajar,sampai-sampai rumput di lapangan itu,hapal betul langkah kaki saya"...man, meaningfull bgt,,itu terdengar sgtt keren di kuping gw pada saad itu,,beliau menceritakan 1-1 sluruh prestasi SMA Regina Pacis,khususnya di bidang yg beliau ajar yaitu Bhs Indonesia..segudang prestasi yg di raih pada dekade tsb,ttp ia ttp rendah hati & tidak sklipun besar kepala atas sgl prestasi tsb,ttp lebih menganggap itu adalah prestasi murid..

tetapii..langit di kala itu mjd agak meredup atau mendung,di saad itu beliau mengatakan bahwa beliau akan pensiun tahun depan..alias tidak mengajar di SMA Regina Pacis Jakarta lagi,,wat a great loss,guru yg sungguh berkarisma,tidak hnya guru tpi juga seorang pendidik yg topcer!

dan ia mengucapkan klmat yg bner2 kren bgt,yaitu: 

"25 tahun pertama,anda mencari ilmu. 25 tahun kedua, anda mengamalkan ilmu. 25 tahun terakhir,mencari jalan untuk kembali kepada Dia"

penyampaian yg tegas menunjukan ia bnar2 mendidik anak2 dgn baik, gw hnya bisa amazed di saad itu,,gw hanya berpikir.."OMG,masi ada guru spt dia??",,its very raree u knoww,,sgt jarang guru yg dpt menyampaikan hal tersebut,,walopun gw blum pernah diajar oleh beliau,tpi gw merasakan kehilangan juga lhoo,,tdina gw smpt ngeri bakal di ajar ama dya,,tpi,kq  kegna rugi bgt ga di ajar olh guru + pendidik yg ultra hebad keg beliau,,

dan pada saat wakil murid maju untuk menyampaikan beberapa pesan2,,di situ di ceritakan pada saad para anak2 kls 2 yg skrg kls 3,,akan menghadapi suatu ulangan dan mereka sgt kawatir dlm mnghadapi ulangan tersebut,,kecemasan berada di muka mereka,,dan spt biasa,pak suroto masuk kelas untuk mengajar pada bidang studi bhs indonesia,,beliau melihat isi kelas,dan beliau dpt mmbaca dari muka mereka bahwa mereka sdg cemas,,lalu,beliau bertanya pada slh satu murid,dan murid itu menjelaskan dgn jujur,,lalu pak suroto keluar kelas sbntar,,lalu kembali dgn membawa bungkusan dari koran,,lalu ia membuka bungkusan tsb,,dan di dalamnya ada wayang,,beliau berkata "kalau hati kalian sdg mencemaskan yg lain,saya tidak bisa mengajar kalian"..sebagai gantinya beliau mengajari hal yg lebih menyenangkan,,yaitu bermain wayang..itu merupakan hal yg cerdas,,betul?? haha

namun pada saad itu juga,,gw melihat ke baris guru,,ada 1 guru yg bnar2 tidak mencerminkan sikapnya sbg guru,,bukan sama skli gru dan bukan sama skli pendidik,,penyampaian di kelas yg sgt buruk,tdk tegas,dll..dia dgn seenaknya berdiri dgn kaki silang,tngan disilang,pandangan menyilang ke samping,,sklian gigi kesamping!!! gw bner2 muak dgn guru yg tidak dpt ngajar n mendidik dgn baik,,masi mending ga bisa ngajar tpi bisa ngedidik,tpi klo ga bisa 2-2 nya,,in my opinion,he should go to the ocean,,

hari itu adalah salah satu upacara hari senin yg pling berkesan sepanjang hidup gw,,respek,pujian,dll pun tak cukup untuk beliau,,beliau sungguh hebad,,yg sampai skrg masih terngiang-ngiang di kuping gw,,

ya ucapan yg tadi dikatakan oleh beliau:

"25 tahun pertama,anda mencari ilmu. 25 tahun kedua, anda mengamalkan ilmu. 25 tahun terakhir,mencari jalan untuk kembali kepada Dia"

kalimat ini akan sllu ada di otak gw,,

full respect,

Arthur

4 komentar:

  1. thur, kok mirip sama punya gw? hihi.

    BalasHapus
  2. wow?? blm liad..hauhauha,,coba liad ahh,,

    BalasHapus
  3. eh benerrrr,,wakakaka,,
    kq bisa sama sii?? gw bner2 blon liad blog lu lhoo kmren2,,huahauhauha

    BalasHapus
  4. haha,ysud lah, keknya emang poin poin omongan dia sama lah . waakakakkakakak.

    BalasHapus